YouTube akan mempromosikan video kita berdasarkan performa video setelah di publikasikan. Antara lain Click Through Rate, Retensi, like dan dislike. Terkadang ada yang beruntung mendapatkan kata kunci yang memang banyak dicari orang tetapi kompetitornya sedikit. Tapi untuk bisa ditemukan kita harus membidik kata kunci yang spesifik tidak terlalu luas dan sedikit kompetitornya. Kata kunci diselipkan di Judul, deskripsi dan tag serta thumbnail jika ada menggunakan audio sebutkan dalam video anda kata kuncinya. Hal tersebut membantu YouTube mengerti apa isi video kita. Sehingga jika ada yang mencari dengan kata kunci tersebut video kita ditampilkan. Namun sayangnya dalam pencarian biasanya yang muncul adalah video yang dengan performa bagus, walaupun terkadang video baru pun bisa muncul. Maka diawal rajinlah memposting link video anda, di tempat-tempat yang sesuai dengan niche anda, tentunya video juga harus bagus. Jika isi video menarik dan judul, deskripsi, thumbnail sesuai dengan apa isi video kita, saya rasa orang akan suka dengan video kita dan menonton lebih lama, like, share dan subscribe. Dengan begitu, maka performa video anda akan meningkat (like, retensi, share) maka youtube akan mulai menaikkan ranking di pencarian dan menampilkan video anda sebagai "suggested video" baik di beranda atau halaman tonton. Semakin banyak yang klik maka CTR akan meningkat, maka performa video anda akan jauh lebih baik.